15 Cara Ampuh Menghilangkan Jerawat

14.05 Made Marianda 1 Comments


Siapa yang tidak mau memiliki kulit wajah yang bersih halus dan pastinya terbebas dari jerawat. Jerawat menjadi salah satu musuh terbesar banyak orang, terkhusus perempuan. Selain mengganggu penampilan wajah, jerawat juga menjadi seperti bekas luka yang membuat banyak orang yang mengalaminya menjadi tidak percaya diri. Namun jangan khawatir, dalam tulisan ini saya akan memberi solusi dan tips untuk mengaasi jerawat dari mencegah hingga mengobati. Berikut diantaranya..


1. Tidur yang cukup
Strees dan kurang tidur adalah salah satu penyebab timbulnya jerawat. Tidur yang cukup akan membuat metabolisme didalam tubuh menjadi teratur, sehingga jerawat dan bekas jerawatakan pudar.

2. Tidak memecahkan jerawat
Berdasarkan pengalaman saya, saya itu selama punya jerawat tidak pernah yag namanya memencet atau memecahkan jerawat. Walaupun kebanyakan orang banyak melakukan, bahkan banyak mengatakan jika jerawat sudah matang harus dipecahkan. Ternyata betul saja jika memecahkan jerawat itu tidak baik, apalagi jika memecahkan disaat kondisi jerawat belum matang itu akan membuat jerawat menjadi lebih menyebar dan bekasnya sulit hilang.

3. Membersihkan wajah secara teratur
Jika tidak mau berjerawat mencuci wajah sudah menjadi sebuah keharusan. Dengan membersihkan wajah secara teratur, berarti kita sudah membunuh dan mengurangi kuman penyebab jerawat.

4. Perbanyak minum air putih
Sudah kita ketahui bahwa 70% dari tubuh kita adalah air. Maka dari itu, tak heran jika disarankan kita untuk mengkonsumsi air putih yang cukup. Air putih dapat melembabkan kulit wajah, dengan demikian bekas jerawat tidak akan menyebar kemana–mana.

5. Pola Makan Teratur
Memakan sayur-sayuran dan buah-buahan yang kaya vitamin dan mineral menjadi salah satu faktor dalam mencegah timbulnya jerawat. Sebelum menderita jerawat pada wajah sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin dan mineral seperti Vitamin C, Vitamin A, zinc dan selenium karena baik untuk membantu keseimbangan tubuh sehingga kulit wajah dapat terhindar dari jerawat.

Selain cara-cara diatas ada juga cara lainnya untuk mengatasi jerawat yakni dengan cara melalui bahan-bahan alami.

6. Lidah buaya
Lidah buaya manfaatnya sudah tak diragukan lagi untuk kecantikan dan kesehatan. Untuk menghilangkan jerawat kita hanya perlu mengelupas lidah buaya lalu mengambil gelnya. Gunakan gel tersebut sebagai masker wajah anda, diamkan selama kurang lebih 10-15 menit lalu bilas dengan air sampai bersih.

7. Bawang putih
Tak ada yang menyangka bahwa bumbu dapur yang satu ini juga bermanfaat untuk menghilangkan jerawat dan bekas jerawat yang ada diwajah anda. Cara pemakaiannyapun cukup simpel hanya perlu mengiris beberapa siung bawang putih, lalu mengoleskannya pada wajah anda. Diamkan terlebih dahulu semala kurang lebih 10-15 menit sebelum dibilas. Untuk hasil yang memuaskan lakukan hal ini secara teratur.

8. Air Jeruk Nipis
Gak cuman untuk perawatan mata dan melembabkan kulit aja. Jeruk Nipis juga bisa untuk mengatasi jerawat. Caranya potong beberapa jeruk nipis, lalu peras airnya sampai cukup banyak. Oleskan air tersebut ke bagian yang terdapat jerawat dan bekasnya pada wajah anda, lalu diamkan selama kurang lebih 15 menit dan bilas dengan menggunakan air bersih. Jangan kaget saat pengolesan pertama merasa perih, karena itu adalah efek dari air jeruk nipis yang untuk menghilangkan rasa gatal dan bekas jerawat pada wajah kita.

9. Belimbing Waluh
Selain menjadi bumbu dapur Belimbing Waluh juga dapat dimanfaatkan sebagai salah satu cara alami dalam mengatasi jerawat. Caranya, campurkan 3 buah Belimbing Waluh dengan 1 sendok makan air jeruk nipis dan setengah sendok teh belerang, lalu tumbuk hingga halus. Kemudian oles pada bagian wajah yang berjerawat. Untuk hasil yang optimal laukan sebanyak 2-3 kali sehari.


10. Putih Telur
Caranya, pecahkan beberapa telur dan pisahkan kuning dan putih telurnya. Hanya ambil putih telurnya saja, kocok–kocok sebentar dan oleskan pada wajah anda. Diamkan terlebih dahulu kira–kira 10-15 menit, setelah itu bilas.

11. Mentimun
Mentimun merupakan jenis sayuran yang mengandung banyak air yang jika dikonsumsi, dapat mencegah dehidrasi. Selain itu mentimun mengandung zat seperti: Vitamin B, Vitamin C, zat besi, dll, yang juga baik untuk kesehatan kulit. Caranya, jika jerawat terbilang sedikit cukup mengiris mentimun jadi beberapa bagian lalu letakan pada jerawat, namun jika jerawat banyak caranya berbeda yakni dengan menghaluskan mentimun dengan parutan ataupun blender lalu kemudian letakan pada jerawat diamkan 10-20 menit lalu bilas dengan air.

12. Madu
Madu memang dikenal memiliki banyak khasiat, begitu juga dalam mengatasi jerawat pada wajah. Caranya simpel cukup mengoleskan madu pada jerawat.

13. Es Batu
Dan ternayata dengan es batu juga kita dapat mengatasi jerawat loh.

14. Tomat
Sama halnya dengan mentimun, tomat pun bisa dimanfaatkan untuk mengatasi masalah jerawat. Caranya pun sama dengan mentimun sebelumnya.

15. Uap
Seolah seperti di sauna, caranya cukup mudah yakni siapkan air panas pada sebuah wadah lalu wajah dihadapkan pada permukaan wadah, gunakan handuk untuk dibentangkan diatas kepala seperti pada gambar diatas.


Nah, itulah beberapa tips dan cara mengatasi serta menghilangkan jerawat dan bekasnya. Mungkin teman-teman sekalian juga punya tips lainnya yang terkait dengan hal ini, untuk itu saya mohon untuk menuliskannya dikolom komentar dibawah ini. 

Sekian tips dari saya, semoga bermanfaat..

1 komentar:

  1. banyak sekali ya cara-cara untuk menghilangkan jerawat.

    BalasHapus