Perbedaan E-Commerce dan Retail Konvensional

14.50 Made Marianda 1 Comments


Apa sih bedanya E-Commerce dengan Retail Konvensional?


Dalam tulisan saya kali ini saya akan membahas tentang perbedaan diantara E-Commerce dengan Retail Konvensional. Berdasarkan dengan apa yang sudah saya pelajari, juga berdasarkan pada referensi buku yang saya dapati setidaknya darisana saya mendapatkan gambaran atas pertanyaan mengenai apa saja perbedaan diantara E-Commerce dan Retail Konvensional itu.

E-Commerce (Electronic Commerce) atau perdagangan elektronik adalah proses pembelian dan penjualan produk dan jasa serta informasi yang dilakukan secara elektronik dengan memanfaatkan jaringan computer, salah satu jaringan yang digunakan adalahj internet.

Retail adalah penjualan dari sejumlah kecil komoditas kepada konsumen. Retail berasal dari bahasa Perancis yaitu “Memotong menjadi kecil-kecil” (Risch, 1991) atau dalam kamus bahasa Indonesia Retail bisa diartikan sebagai “Eceran”. Pengertian lainnya diutarakan oleh Gilbert (2003) Retail merupakan semua usaha bisnis yang secara langsung mengarahkan kemampuan pemasarannya untuk memuaskan consumer akhir berdasarkan organisasi penjualan barang dan jasa sebagai inti dari distribusi.

Letak perbedaan yang lebih jelas antara E-Commerce dan Retail Konvensional akan lebih dijabarkan secara jelas seperti sebagai berikut:


Jadi dapat disimpulkan bahwa perbedaan yang paling mendasar diantara keduanya terletak pada sistem pemasaran produknya, yang dimana pada E-Commerce produk dipasarkan melalui jaringan internet dengan menawarkan berbagai kemudahan dalam berbelanja bagi seluruh kalangan masyarakat. Sedangkan pada Retail Konvensional produk dipasarkan secara langsung pada konsumen sehingga konsumen dapat melihat secara langsung dan memilih produk yang akan di beli.


Semoga BErmanfaat!


1 komentar:

  1. teerima kasih bermanafaat dengan tugasan pembelajaran saya

    BalasHapus