12 Penyebab Remaja Masa Kini Galau

10.30 Made Marianda 2 Comments


Istilah "Galau" sering sekali kita dengar pada masa-masa sekarang ini, terutama pada lingkungan kalangan muda. Pengertian galau itu sendiri adalah kacau yang tidak karuan dalam pikiran. Fenomena galau banyak timbul pada persoalan percintaan para remaja. Dan seiring waktu berjalan galau tidak hanya terjadi dan ada pada soal percintaan namun pada banyak hal lainnya, seperti galau pada soal pendidikan/sekolah, masa depan, keluarga, keuangan dan sebagainya. Galau seolah-olah menjadi hal yang lumrah terjadi pada setiap orang dan memang hampir setiap orang mengalaminya.
Menyinggung soal galau, tulisan ini akan sedikit membahas tentang hal-hal apa saja sih yang membuat remaja ataupun anak muda masa kini merasa galau, berikut diantaranya..


Jomblo
Status jomblo seseorang bisa menjadi faktor besar akan timbulnya perasaan galau pada diri seseorang tersebut. Galau itu sendiri ada karena jomblo membuat diri seseorang mengalami kesepian akibat kesendirian. Selain itu, jomblo terkadang membuat seseorang merasa tertekan pada lingkungan teman-temannya yang kebanyakan telah memiliki pasangan atau pacar. Hal lainnya yang berdampak menimbulkan galau pada sebuah status kejombloan seseorang yaitu bully, dimana bullyan yang didapat daripada teman-teman yang telah memiliki pasangan.  

Patah Hati
Patah hati berkaitan erat dengan kegalauan. Patah hati ada banyak macamnya, entah patah hati karena disakiti atau diduakan oleh pasangan, patah hati karena melihat gebetan/pacar direbut orang ataupun patah hati karena ditinggal pasangan/pacar. Patah hati berdampak buruk pada perasaan seseorang, dan seseorang yang mengalami patah hati pasti akan mengalami kondisi dimana perasaan menjadi galau.














Bokek
Bokek merupakan suatu kondisi dimana seseorang mengalami keterbatasan kemampuan secara ekonomis, yakni tidak memilikinya kecukupan uang. Hal ini sering membuat para remaja menjadi galau, dimana tidak sedikit dari mereka yang mengaku mengalami bokek tidak bisa memenuhi keinginan-keinginan mereka seperti misalnya keinginan untuk membeli makanan kesukaa, keinginan untuk pergi jalan-jalan, nonton bioskop ataupun menlaktir teman atau pacar. Secara otomatis keadaan seperti ini menjadi salah satu penyebab seseorang menjadi galau.

Pelajaran/Mata Kuliah
Mengapa pelajaran atau mata kuliah menjadi suatu hal yang dapat mebuar seorang remaja menjadi galau? Ada pada banyak kenyataan, bahwa memang benar pelajaran/mata kuliah mampu menjadi penyebab kegalauan seseorang. Hal ini terjadi pada seseorang yang merasa mata kuliah/pelajaran tertentu sulit dan menjadi beban bagi diri mereka, terlebih bila dosen/guru yang bersangkutan adalah killer. Beban atas suatu mata kuliah/pelajaran itulah yang menimbulkan adanya perasaan galau pada diri seseorang yang mengalaminya.

Kesiapan akan masa depan
Banyak diantara kalangan anak remaja dan anak muda  yang dikatakan masih belum siap tentang masa yang akan datang dikemudian hari. Malahan tidak sedikit yang merasa takut dengan datangnya masa depan, hal ini disebabkan oleh suatu kondisi dimana remaja belum mampu berpikir secara matang tentang rencana dan harapan di masa depan, sehingga bila ditanya mengenai masa depan mereka mengalami seuatu kebingungan yang besar dan pada akhirnya mampu menimbulkan kegalauan.

Masalah keluarga
Keluarga merupakan lingkungan terdekat daripada seseorang/individu. Karakter dan moral seseorang tercipta pada lingkungan keluarganya dengan sendirinya. Keharmonisan keluarga yang minim dan atau bahkan tidak ada terciptanya keharonisan pada sebuah keluarga akan berdampak buruk pada psikis anggota keluarganya, misalnya kedua orang tua yang sering bertengkar akan merusak psikis anaknya. Kegalauan akan terjadi pada anggota keluarga yang didalam lingkungan keluarganya kurang ada pada lingkungan yang harmonis dan baik.


Homesick
Homesick sendiri merupakan suatu keadaan dimana seseorang merasa menderita akibat terpisah dari lingkungan rumah, orang tua, atau hal-hal yang ada di sekitarnya. Entah itu saat ada acara berkemah di sekolah, atau hari pertama masuk sekolah, atau mungkin bagi para mahasiswa semester awal yang baru pertama kali menjadi anak kost. Homesick membuat timbulnya rasa galau pada diri sesorang karena merindukan suasana rumah dan sanak keluarganya.

Merasa tidak diprioritaskan
Seseorang yang merasa dirinya tidak dipentingkan dalam suatu lingkungan atau orang lain akan merasa dikucilkan dan merasa kecewa. Dalam kehidupan remaja hal seperti ini pun banyak ditemukan, misalnya seseorang merasa tidak diaggap penting dalam komunitasnya, keluarga atau lingkungan yang lainnya. Ini akan membuat seseorang yang merasa tidak diprioritaskan tersebut menjadi pendiam dan tertutup dan tidak mungkin tidak untuk timbulnya perasaan sedih dan galau.


Dijauhi teman
Hal semacam ini tidak sedikit terjadi pada realita kehidupan remaja. Dijauhi oleh teman menjadi sebuah masalah yang besar bagi seseorang yang mengalaminya. Biasanya ini terjadi karena adanya salah paham ataupun persaingan-persaingan dalam berteman. Jika seseorang yang tadinya memiliki sekelompok teman yang akrab namun  suatu ketika teman-temannya tersebut menjauhi dan memusuhinya tanpa ia tahu apa sebab dan alasannya, kejadian seperti ini akan membuat orang tersebut menjadi takut dan mengurung diri dan selalu diselimuti oleh rasa bersalah yang begitu dalam.

Sekolah/Pekerjaan
Persoalan pendidikan menjadi salah satu  hal yang sangat kompleks pada kehidupan remaja. Banyak diantara mereka yang dibuat galau oleh karena sekolah ataupun pekerjaan. Misalnya seseorang yang mengharapkan untuk dapat bersekolah di sebuah sekolah yang ternama namun tidak mampu untuk masuk dan diterima walaupun usaha keras telah dilakukan, atau misalnya lagi seperti seseorang yang diberhentikan dari pekerjaannya akan secara otomatis galau, karena merasa bingung untuk mendapatkan pekerjaan yang layak dikemudian hari.


Gadget
Kok gadget bisa membuat seseorang menjadi galau? Iya, jelas sekali. Apalagi pada masa sekarang ini bahwa perkembangan teknologi dan komunikasi begitu pesat dan maju. Di kalangan remaja marak sekali penggunaan gadget-gadget yang berkualitas dan mahal, bahkan menjadi sebuah mode dalam bergaya dan bergaul. Letak kegalauannya? Ada banyak hal yang mampu membuat diri seseorang menjadi galau oleh karena gadget, misalnya seseorang ingin gadget yang lebih daripada yang saat ini ia miliki namun kemampuan tidak mendudukung, misalnya lagi gadget yang dimiliki oleh seseorang sedang rusak itu otomatis akan membuat ia jenuh dan bosan karena tidak ada gadget lain yang bisa digunakan, atatupun mereka yang merasa kalah bersaing dengan teman sebayanya karena gadget yang dimiliki kalah  canggih dan mahal. Dari kesemuanya itu menimbulkan rasa ketidakpuasan terhadap apa yang diinginkan sehingga galaulah diri seseorang tersebut.

Kehilangan
Kehilangan adalah suatu keadaan dimana seseorang merasa tidak memeiliki sesuatu lagi atau seseorang yang dikasihinya lagi. Semua orang pasti akan mengalami kondisi seperti ini. Seperti halnya kehilangan akan barang kesayangan maupun kehilangan akan seseorang yang begitu dikasihi. Hal seperti ini yang paling banyak memberi dampak kegalauan yang luar biasa. Rasa kehilangan tidak dengan cepat atau mudah diterima oleh seseorang yang mengalaminya.

Galau bisa datang kapan saja bergantung pada kondisi dan keadaan yang kita alami. Dan itulah ke-12 hal yang menjadi penyebab banyak orang khususnya remaja mengalami "Galau"

Terimakasih, semoga bermanfaat..





2 komentar:

  1. memang banyak sekali penyebab2 galau ..

    BalasHapus
  2. Kegalauan setiap orang memang berbeda2, tapi solisinya hanya satu dia sadar apa yang dia galau kan. Karena tidak semau orang dia sadar apa yang dia galaukan. Dan jika kita sadar apa yang kita galau kan kita harus bersegera untuk menyelesaikan kegalauan itu. Tipsnya diskusikan sama orang yang kita percaya dia bisa memberi solusi dari kegalauan kita. Minta dinasehati, agar kita pulih dari galau itu. Dan yang paling penting curhat sama sang khalid (Allah swt). Goodluck

    BalasHapus