8 Film Terbaik Indonesia (2000-2014)

17.30 Made Marianda 3 Comments


Perfilman dunia sedang ada pada masa keemasannya, begitu juga Indonesia dengan perkembangan kemajuan perfilmannya. Dari masa yang dulu hingga pada masa yang sekarang Indonesia telah memproduksi banyak film dari berbagai genre yang juga beberapa diantaranya berhasil sukses ke jenjang pasaran global bahkan diantaranya mampu mendapatkan penghargaan. Perlu kita dukung perkembangan perfilman Indonesia!
Dan dalam kesempatan saya kali ini saya akan menulis tentang film-film apa saja sih yang menjadi film terbaik & terfavorit dimasanya berdasarkan genrenya menurut pengamatan dan analisa saya.



DRAMA


Gie (2005)
Nicholas Saputra adalah pemeran utamanya yakni sebagai Soe Hok Gie, seorang mahasiswa, demonstran, dan pecinta alam yang kritis serta idealis. Gie diangkat dari buku Catatan Seorang Demonstran yang ditulis oleh Soe Hok Gie sendiri, menceritakan tentang masa muda Gie hingga dia meninggal dunia. Skenarionya digarap dengan baik, pemeran-pemeran tokoh pada film ini sangat luar biasa dan total. oleh sebab itulah tidak salah bila Gie mampu meraih banyak penghargaan pada masanya.



Laskar Pelangi (2008)
Diangkat dari novel fenomenal berjudul sama karya Andrea Hirata, Laskar Pelangi mengisahkan tentang sebelas siswa di sebuah sekolah sederhana di pedalaman di Belitong tepatnya. Walaupun sangat sederhana kesebelas anak ini tetap giat dan semangat dalam menuntut ilmu berkat jasa guru yang sangat inpiratif. Laskar Pelangi sangat sukses ketika itu bahkan mendominasi pasar perfilman Indonesia. Film ini banyak mendapatkan pujian dari banyak kalangan masyarakat.


COMEDY



Get Married (2007)
Film yang mampu mengocok perut kita selama menontonnya. berkisah tentang kehidupan 4 anak muda yang mengaku frustasi dengan kehidupannya tentang percintaan, masa depan dan cita-citanya. Tingkah keempat anak muda ini sangatlah konyol.. Film ini laris dan berhasil memasuki pasar film Indonesia, keberhasilannya terbukti dengan kelanjutan-kelanjutan film lainnya seperti Get Married 2, Get Married 3, get Married 4 dan akan lagi segera liris Get Married 5 tahun ini.


Nagabonar jadi 2 (2007)
Nagabonar jadi 2 merupakan film yang bergenre komedi namun ada banyak penuh makna dan banyak nilai yang terkandung didalamnya. Film ini juga merupakan salah satu film terbaik yang dirilis pada tahun 2007 dengan mendapatkan penghargaan-penghargaan. Film ini sangan populer saat itu dan mencapai penjualan tiket sebanyak 2,4 juta penonton. soal pemerannya jangan diragukan, Tora Sudiro dan Deddy Mizwar sangat memukau penampilannya pada film Nagabonar jadi 2 ini.


HORROR



Rumah Dara (2009)
Penggemar film horror sangat saya rekomendasikan untuk menonton film yang satu ini, karena Rumah Dara sangatlah lain dengan film horror Indonesia yang lainnya. Seperti dikebanyakan film horror Indonesia bahwa sensasi horror yang terdapat pada film kurang ada bahkan flat-flat saja, terkadang menjadi lelucon garing belaka. Namun Rumah Dara mampu membuktikan bahwa Indonesia juga bisa memiliki film horror yang berkualitas dan memang bergenre horror.
Film ini berceritakan tentang sebuah keluarga yang mendiami sebuah rumah yang sangat jauh dari pusat keramaian kota, rumah angker yang dikelilingi oleh pohon-pohon besar seperti hutan yang dimana mereka sekeluarga adalah pyscho yang mengincar kepala-kepala manusia. Alur cerita yang disajikan tegang dan seram, jalan cerita dan ending pun sulit ditebak. Semua sajian cerita terkemas dengan apik. Bagi kalian yang tidak suka dengan film horror jangan coba-coba menonton film ini! apalagi jika hanya sendirian..



Keramat (2009)
Film ini mengisahkan tentang sekelompok orang yakni para kru film beserta para pemain filmnya yang sedang melakukan perjalanan ke Jogja mencari tempat lokasi untuk syuting. Selama berada pada tempat terpencil di Jogja ada banyak ditemukannya kejadian aneh dan menyeramkan. Hal-hal yang menyeramkan yang ada pada film ini diantaranya seperti adanya penampakan pocong, kesurupan dan penampakan-penampakan lainnya yang mampu membuat bulukuduk berdiri dan menjerit. Jadi tidak heran banyak orang yang mengatakan bahwa Keramat adalah film horror terbaik dan terseram.


ROMANTIC



Ada apa dengan Cinta?
Gak perlu ditanya lagi, film yang satu ini memang terbukti sangat menarik. Ada apa dengan Cinta telah sukses dimasanya, malahan sampai saat ini pun banyak yang mengatakan bahwa tidak ada yang bisa menggantikan film tersebut. Banyak juga yang mengharapkan adanya kelanjutan akan cerita daripada film ini. Pemainnya pun menjadi sosok figur yang sangat diidam-idamkan dan terkenal akibat dari perannya dalam film ini.


Radit & Jani (2008)
Satu lagi film yang menurut saya keromantisan overload dan isi cerita film sangat ngena dan dalem banget. Dari film ini ada banyak hal yang bisa kita dapat, dimana film ini menceritakan tentang pasangan yang saling melengkapi walaupun dalam keterbatasan dan kekurangan. Cerita endingnya sanggat tidak diduga.. pokoknya gregetan abis nontonnya!




Itulah daftar film favorit dan terbaik menurut saya berdasarkan pada klasifikasi genrenya.

Semoga Bermanfaat!
Salam Perfilman Indonesia!



3 komentar:

  1. seru seeru sekali film indonesua ,,dan indonesia juga punya film horor yang berkualitas seperti rumah dara..

    BalasHapus
  2. bener banget film horor yang judulnya rumah dara itu memang benar-benar menyeramkan, apalagi banyak adegan pembunuhan dan mutilasi, di kabarkan juga darah-darah yang berceceran dilantai itu adalah beneran darah tapi darah kambing. hehe

    BalasHapus