Cara Memulihkan Twitter Yang Terkena Phishing

22.02 Made Marianda 0 Comments


Apa sih memangnya PHISHING itu?

Menurut Wikipedia
Dalam komputer, pengelabuan (Inggris: phishing) adalah suatu bentuk penipuan yang dicirikan dengan percobaan untuk mendapatkan informasi peka, seperti kata sandi dan kartu kredit, dengan menyamar sebagai orang atau bisnis yang tepercaya dalam sebuah komunikasi elektronik resmi, seperti surat elektronik atau pesan instan. Istilah phishing dalam bahasa Inggris berasal dari kata fishing ('memancing'), dalam hal ini berarti memancing informasi keuangan dan kata sandi pengguna.

Nah bahasa simpelnya phishing adalah sebuah jebakan yang berupaya menghack (mengambil alih) akun sosial media milik seseorang, terkhusus twitter tanpa kita ketahui bahwa akun kita sedang diambil alih oleh pihak lain.

Dampaknya akun twitter kena Phishing?
Yang namanya kena hack sudah pasti gak akan baik untuk akun pribadi kita, seperti halnya secara otomatis akun tersebut memfollow orang-orang yang sebenarnya tidak kita kenal, mengirim DM kepada teman-teman dan memposting tweet sesukanya, sehingga terlihat seperti spam.

Pernah kena Phishing?
Pengalaman pribadi saya, twitter saya beberapa waktu lalu sempat kena Phishing, yang awalnya karena saya mendapat DM dari teman saya yang tanpa sengaja saya mengklik link yang ada pada isi DM tersebut. setelah itu tanpa saya tahu ternyata akun saya otomatis sering mengirim DM kepada teman-teman dan juga memposting tweet yang tidak pernah saya ingin untuk posting.

Akun saya yang kena Phishing
Tiba-tiba mengirim banyak DM kepada teman-teman twitter saya


DM yang dikirim berisi link yang tidak kita tahu apa isinya

Mencegah untuk tidak kena Phishing?
Cukup mudah, jangan pernah mengklik link atau tautan yang kalian dapat dari DM atau postingan tweet yang tidak jelas akan isinya atau bahkan yang akan membuat kalian penasaran sekalipun. Karena biasanya jika sengaja atau tidak sengaja mengklik link/tautan tersebut secara otomatis informasi penting akun anda akan terindeks oleh si pelaku Pishing tersebut.

Cara memulihkan akun yang terkena Phishing?
Bagi kalian yang terlanjur kena Pishing pada akun sosmed kalian, caranya ada kok untuk mengatasi Pishing tersebut. Berikut cara-cara mengatasi akun twitter yang terkena Pishing:

1. Log in Akun Twitter via Laptop/PC atau klik Log in Twitter Kamu


2. Pilih "Setting"


3. Kemudian pilih "Apps" di bagian kiri bar


4. Setelah itu lihat aplikasi mana saja yang tidak dikenal dan pilih/klik "Revoke Access"


Setelah melakukan langkah-langkah diatas maka akun yang terkena Phishing kembali aman sama seperti sebelumnya. Namun untuk benar-benar memastikan dan untuk lebih mengamankan akun milik kita sebaiknya lakukan juga langkah ke-5 hingga ke-8 yakni pengubahan kata sandi atau reset password, langkah-langkahnya sebagai berikut:

5. Pergi ke "Profile"


6. Kembali klik "Setting"


7. Pilih "Password"



8. Ganti password yang diinginkan kemudian klik "Save changes"


Dengan cara dan langkah-langakah diatas maka akun twitter akan terbebas dari Phishing dan bagi akun yang terkena Phishing tidak perlu lagi cemas dan risih karna akun 100% kembali pulih.

Semoga bermanfaat kawan..

0 komentar: