Fenomena Go-Jek di Indonesia

19.47 Made Marianda 0 Comments


Ojek yang dulu bukanlah yang sekarang.. Menurut gue sih gitu. Gue gak nyangka awalnya kalau bakalan ada jenis bisnis semacam kaya gini, karya anak bangsa lagi. Perkembangan teknologi menurut gue sih faktor utama yang membuat lahirnya Go-Jek ini, gimana engga coba semua orang masa kini itu udah pasti banget gadget-an dan hidup bergantung banget dengan gadgetnya. Konsep Go-Jek ini sendiri begitu mengandalkan aplikasi mobile smartphone, dimana segala proses dan pekerjaannya dapat dipantau melalui aplikasi Go-Jek. Serius, bagi gue pribadi gue salut dan bangga terhadap ada dan berkembangnya Go-Jek ini di Indonesia. Kenapa? Karena banyak dampak positifnya dari segi ekonomi maupun sosial dan lainnya.

Sehubungan dengan itu, disini gue mau nulis dan bahas fakta-fakta unik dan menarik tentang Go-Jek itu sendiri. Cekidot:

1. Tukang GoJek itu Sabar
(Karna GoJek dimusuhi Tukang Ojek Pangkalan)
Tanpa perlu mikir panjang dan dianalisa juga udah jelas ini sih.. Namanya juga sama-sama naik motor dan sama-sama cari pelanggan. Ini keliatan jelas banget di kota-kota besar khususnya Jakarta, makanya gak heran deh banyak kasus GoJek yang dilabrak  tukang ojek pangkalan gara-gara lewat wilayahnya si tukang ojek pangkalan ini. Bagi gue gak ada yang salah sih, kalau gue ada di posisi tukang ojek juga bakalan parno karna bakalan kalah saing, cuman mungkin tukang ojeknya aja yang kurang bisa ngeliat peluang kali ya.. Padahal kalau emang tau bakal ada Go-Jek mendingan ikut join ke Go-Jek secara bakalan dapet gawe yang lebih efektif dan efisien tanpa perlu panas-panasan nunggu di pengkolan.

2, Tampilannya Kece 
(Ijo lucu-lucu gimana gitu..)
Ini yang bikin Go-Jek beda dengan tukang ojek yang lain, seragamnya ijo-ijo kek pisang ijo naik motor.. Haha untung deh pakenya warna ijo gak yang lain, coba lo banyangin kalau kuning atau merah dikira oknum Golkar atau PDIP kali. Keren kan mulai dari helm, jaket sampe motor cucok abis. Gak tau kenapa kalo gue liat Go-Jek di siang bolong panas terik seurab seger liatnya. 

3. Gak Cuman Antar Jemput
Ojek biasa ya kaya taxi aja cuman bisa pick up penumpangnya sebatas antar jemput doang. GoJek? Wow men, serabutan! Apapun GoJek bisa lakuin dan penuhin semua keinginan kita. Dari mulai antar jemput, beli makanan, belanja bulanan, anter barang sampe bisa pura-pura jadi pacar (jangan baper) maksudnya sih dalam konteks lo minta aja beliin bunga pake Go-Jek nah dikasih deh lo bunga sama doi (eww). Pokoknya top deh GoJek, recomended buat lo-lo semua yang dewa mager, kere bensin dan doyan kesemutan dikamar.

4. Sangat Mengutamakan Safety Riding 
(Ngejagain Kita Banget)
Yang ini gue gak tau ya kenapa, apa karena SOPnya udah gitu dari sananya atau emang karena si GoJek sayang sama kita hehe. Tapi emang kebukti kok, dengan helm yang berstandar SNI, atribut lainnya yang melengkapi dan udah pasti driver GoJeknya punya SIM jadi teruji layak dan baik dalam nantinya melayani kita-kita ini.

5. Punya Aplikasi Mobile yang Powerful 
(Gak perlu ke pengkolan atau macet-macetan di jalan)
Nah ini dia letak kepraktisan dan kekiniannya. Udah kaya sosmed aja kita jadi kudu install aplikasinya. Lo gak perlu naik angkot, ojek di pengkolan, nyari kunci motor dan ngabisin bensin udah gitu panas-panasan dijalan cuman karna lo laper kepengen nyari jajanan atau makanan atau mungkin belanja bulanan beli sabun, shampoo, pomade, pembalut dll. Tinggal buka gadget lo buka aplikasi GoJek dan cuman beberapa klik dan ketik dikit doang lo bisa dapetin apa yang lo cariin dan butuhin, tanpa lo capek dan cuman bayar Rp 10.000 doang rata-ratanya. Saik kan!

6. Suka dapet Bonus dari si Driver Go-Jeknya
(Kalo Beruntung)
Driver GoJek Ganteng
Driver Gojek Cantik
Soal ini gue cuman kasih tau aja banyak-banyak berdoa atau kalau bisa pas lo mau pake GoJek lo berdoa dulu biar dapet driver yang kaya diatas. Ya tapi kalo nasib kita jelek dari sananya ya kalem wajarin aja dapet abang-abang atau bapak-bapak:))) tetap semangat aja sih guys.. coba lagi! 

7. Tren Masa Kini
Sesuatu yang unik dan lain emang bakal jadi sesuatu yang bakal ngetren di waktunya. Doa gue sih semoga GoJek bakal selalu ngetren gak cuman untuk sementara aja udah gitu ngilang tau kemana. Dan kebanyakan pasti lo tau deh kalau gak cuman jadi tren sebagai jasa transportasi dan lainnya, karena ada tren lainnya.. Tau dong? yang anaknya Path banget pasti sering nemuin fenomena tren ini. Yap Selfie bareng GoJek atau selfie sebates pake helm Gojek abis itu upload posting. Gak percaya? Nih liat..
Ciye..

8. Gak Perlu Takut Mahal
(Gojek ngerti anak kos, kuliahan, pegawai kontrakan kok)
Gak perlu takut dan ngecek dompet kalo mau pake jasa GoJek, gak bakalan nyekik leher kalian kok tarifnya, walaupun yang katanya tarif promo udah abis dan gak berlaku lagi. Karena bagi gue ada gak adanya harga promo tetep terjangkau kok. Gue kasih nih ulasannya..

"Dalam keterangan yang diterima, tarif Gojek di luar rush hour yakni, antara pukul 16.00 WIB sampai dengan 19.00 WIB akan dipatok Rp 15 ribu untuk 6 kilometer pertama dan Rp 2.500 per kilometer berikutnya."
"Pemberlakukan tarif rush hour ini juga hanya dilakukan pada hari Senin hingga Jumat. Sementara di luar rush hour, pengguna Gojek akan dikenakan tarif datar sebesar Rp 15 ribu dengan jarak maksimum 25 kilometer."
"Sementara, untuk layanan lainnya seperti Instan Kurir, Berbelanja, GO-Food di Kota Jakarta dan semua layanan Go-jek di kota-kota lainnya akan berlaku tarif promo Rp. 10 ribu."

9. Karya Anak Bangsa
Ya, Nadiem Makarim adalah sosok dari bisanya lahir bisnis GoJek ini. Orang asli Indonesia loh walo mukanya agak arab atau bule gitu. Harus didukung guys keberadaan GoJek ini supaya tetep terus berkembang dan maju kedepannya. Karena GoJek ini banyak membantu permasalahan di Indonesia loh seengganya, kaya menekan angka tingkat pengangguran, bisa mengurangi kemacetan dijalan juga. Cintailah karya anak bangsa!

Gimana? Menurut kalian bagus gak dengan adanya GoJek? Semoga GoJek bisa meluas ke seluruh wilayah di Indonesia yang lainnya ya. Dan semoga bakalan ada kaya sosok Nadiem Makarim yang lainnya. Karena menurut gue Indonesia ini sangat butuh sosok yang bisa membangun jiwa wirausahanya. Yes, GoJek untuk Indonesia yang lebih ciamik!

0 komentar: