Hal-hal Yang Paling Ditakuti Manusia Selama Hidup Di Dunia

03.40 Made Marianda 1 Comments


Rasa takut adalah hal biasa yang dimiliki oleh setiap manusia. Setiap orang memiliki ketakutannya masing-masing, terkadang berbeda dan lain dari kebanyakan. Tapi ternyata ada beberapa hal yang sama yang ditakuti oleh banyak orang. Dan berikut adalah hal-hal yang paling ditakuti oleh manusia selama hidup di dunia. 

1. KEMATIAN
Takut mati adalah ketakutan yang paling utama yang dialami manusia. Kebanyakan orang takut akan kematian karena merasa dirinya belum siap untuk itu, walaupun tanpa disadari kematian itu cepat atau lambat kepastiannya akan pasti jelas terjadi. Ketakutan manusia akan kematian membuat seolah manusia ingin hidup lama di dunia. Semuanya hanya soal waktu, karena siapapun manusia sepintar, sebaik dan sehebat apapun dia, dia tidak akan pernah tahu kapan hari kematiannya.

2. KEMISKINAN
Tidak ada seorang pun yang ingin hidup dalam kesusahan dan kemiskinan. Tak heran kini banyak orang berbondong-bondong mencari pekerjaan untuk tujuan utamanya yakni mendapatkan uang. Kemiskinan membuat manusia untuk takut mengalaminya karena dalam kemiskinan hidup seseorang menjadi sangat susah dan terkadang menjadi suatu hal yang menyedihkan. Hal ini didasari oleh pandangan kita sebagai manusia bahwa mengatakan segala sesuatu itu memakai uang dan manusia tidak bisa hidup tanpa uang. Ketakutan semacam ini yang membuat banyak orang menjadi serakah dan amat begitu mencintai materi yang dimilikinya yang padahal semua itu hanyalah bersifat sementara.  

3. KEGELAPAN
Kecuali untuk kepentingan tidur, hampir semua orang yang tidak dalam kondisi tidur akan takut dengan kegelapan. Hal semacam ini membuat takut karena seseorang tidak merasa nyaman dan tenang didalam kegelapan entah itu didalam suatu ruangan ataupun diluar. Ketakutan akan gelap ini sudah ada dan timbul semenjak manusia masih anak-anak hingga sampai beranjak dewasa pun banyak orang dewasa masih merasa takut saat ada pada kegelapan.

4. KEGAGALAN
Atychiphobia adalah ketakutan yang tak rasional terhadap kegagalan yang pada akhirnya membuat seseorang tidak mau berbuat sesuatu karena takut menemui kegagalan. Takut untuk gagal sering menimpa banyak orang, ketakutan semacam ini hadir karena seseorang tidak begitu merasa yakin pada dirinya sendiri. Kegagalan seolah menjadi sebuah ancaman pada diri setiap orang yang hendak melakukan sesuatu. Ketakutan ini bisa diatasi dengan belajar untuk bisa memikirkan segala sesuatunya itu baik (positive thinking) dan terpenting mencoba untuk yakin kepada diri sendiri selama apa yang akan dilakukan itu baik.

5. KETINGGIAN
Saat kita berada pada ketinggian atau ketika kita sedang membayangkan saja kita ada pada sebuah ketinggian sering sekali membuat diri kita merasa panik dan takut. Takut akan ketinggian muncul ketika kita tidak berani melihat kearah bawah, ketakutan lainnya karena banyak orang takut jatuh dari ketinggian. Ketinggian menjadi sebuah tantangan adrenalin bagi diri setiap orang. 

6. KEDALAMAN
Ketakutan akan kedalaman sama halnya dengan takut akan ketinggian. Ada banyak faktor yang membuat orang merasa takut dengan kedalaman, utamanya adalah karena takut tenggelam. Tak heran tidak sedikit ada orang yang tiduk suka berenang atau malahan takut untuk berenang.

7. PENOLAKAN
Sebagai makhluk sosial setiap orang menginginkan kehadirannya diterima, baik oleh lingkungan maupun orang yang disayanginya. Beberapa orang bahkan ada yang begitu tergantung pada pengakuan, persetujuan atau penilaian orang lain terhadap dirinya sendiri. Ketakutan akan penolakan ini membuat seseorang memilih untuk menarik diri dan menjauhi orang-orang, lingkungan bahkan keluarga.

8. KEHILANGAN
Kebersamaan bersama orang yang disayangi adalah saat-saat yang paling membahagiakan dalam hidup. Namun dibalik itu ada ketakutan yang sangat besar menghigapi perasaan setiap individu manusia, yakni kehilangan. Kehilangan dalam bentuk apapun seperti halnya perpisahan, perceraian ataupun kematian akan membuat diri seseorang menjadi begitu terpukul dan merasa sedih.

9. MAKHLUK HALUS
Manusia yang normal akan merasa takut dengan adanya kehadiran makhluk halus atau hantu di dunia. Sekalipun ada beberapa orang mengatakan masih belum percaya dengan adanya hantu di kehidupan ini. Ketakutan akan hantu menjadi hal yang lumrah terjadi pada setiap pribadi manusia, orang takut terhadap hantu dikarenakan hantu dikenali sebagai perwujudan arwah yang bergentayangan dengan penampilan yang menyeramkan dan sosoknya yang dapat membuat seseorang merasa terintimidasi sehingga timbul perasaan tidak tenang.


Walaupun kita hidup memiliki rasa takut akan banyak hal namun jalanilah hidup dengan semestinya, jangan jadikan ketakutan kita menjadi kesusahan dan keburukan dalam menjalani hari-hari dihidup kita.

Semoga bermanfaat..

1 komentar:

  1. bener banget nih , emang postingannya keren banget , aku setuju banget deh ..

    BalasHapus