Tentang Arti Nama Gue

02.11 Made Marianda 1 Comments



Setiap orang pasti punya nama, hewan peliharaan aja nyampe punya nama kesayangan. Banyak macemnya nama orang dari seluruh belahan dunia ini, mulai dari nama barat kek Mark, Kevin, Alex, Robert, ada juga nama arab Abdullah, Aladin, Al Ghozali, terus ada nama china zhang zheng zhung chan chian chei dsb. Di Indonesia sendiri nama orang ada banyak macem rupanya, mulai dari nama yang mainstream alias pasaran sampe nama yang anti mainstream banget. Tapi tau gak dibalik nama yang lo punya tuh itu ada artinya? Cuman ada aja beberapa nama yang gak ada artinya, mungkin karena ada punya bokap yang gak kepengen ribet dan repot nyarinya. Kalau bokap gue untungnya gak males-males amatan sih jadi nama gue adalah artinya gak asbun doang jadinya.
Yang kepengen tau atau kepaksa untuk tau apa arti nama gue, nih bentaran gue mau ngasih tau kok. Sebelumnya nama lengkap gue Ni Made Marianda Fridayanti. Hehe.

NI?
Namanya juga orang bali pasti nama depannya pake Ni atau I. Kalau Ni itu berarti cewek, sebaliknya kalau I itu berarti cowok. Kek contoh misalnya nama pahlawan asal Bali tuh I Gusti Ngurah Rai.

MADE?
Yang tau bola pasti tau penjaga gawang persib, iya Made juga Made Wirawan kalau gak salah. Made itu bisa dipake buat cewek ataupun cowok. Made artinya anak kedua, jadi setiap anak ke berapa itu ada nama khususnya buat orang Bali. Anak pertama pasti deh namanya Wayan atau Putu, anak kedua ya Made, Kadek atau Nengah, buat anak ketiga namanya Nyoman atau Komang dan anak keempat itu ada Ketut. Jadi udah ketauan dari nama anak ke berapanya.

MARIANDA?
Kata bokap gue sih Marianda itu lebih kepada singkatan, katanya kepanjangannya itu "Maret ia datang" sebenernya agak maksa sih di huruf Nnya tapi bagus sih bisalah bisa. Atau mungkin Marianda itu artinya MARIA + ANDA jadi Anda (gue) didoakan diharapkan bisa jadi kaya sosok bunda Maria hehe. Amin.

FRIDAYANTI?
Friday itu yang pasti dalam bahasa inggris artinya Jumat, yap! Gue emang lahir di hari jumat. Dan sisanya Anti kata bokap gue sih maksudnya "Anti kebajikan, kejahatan, kedustaan, kebohongan, kesalahan dsb" jadi Anti itu doa bokap gue agar gue anaknya Anti dari banyak kejeleken dan keburukan didalem hidup.

Gimana keren gak nama gue? Bagus lucu gimana gitu heee. Nama gue buatan bokap kandung 100%, nyokap gue mah tinggal ngangguk dan ngeiyain doang. Tapi setelah gue tau arti nama gue, sering muncul pertanyaan dalem benak gue. Oh jadi kalau misalnya gue lahir bulan Februari nama gua jadi Ni Made Febrianda Fridayanti, atau mungkin kalau gue lahir di hari sabtu nama gue jadi Ni Made Marianda Saturdayanti, apa kalau aja gue lahir bulan September di hari rabu nama gue berubah jadi Ni Made Septemberianda Wednesdayanti??? Hufftt untung ajalah lahir hari Jumat di bulan Maret :))))

Jadi apa arti nama lo guys...










1 komentar: