Yang Paling Dikangenin di Putih Abu

06.31 Made Marianda 1 Comments



Kirain kangen cuman bisa ke mantan sama ke pacar orang aja. Eh, ternyata engga juga. Buktinya gue kangen SMA, kangen putih abu, kangen masa-masa masih umur 17an. Rasa kangen makin jadi setelah yang dirasa sekarang ini adalah gue hampir jadi mahasiswa semester akhir. Berasa jadi pejuang tanah air yang mempertaruhkan kemerdekaan negara tau gak. Asem, asin, manis, pait, perang, luka, keringet, capek, sedih, haru, semangat, lesu, gerak, lari, ngerangkak, jungkir balik dirasain dibangku kuliah. 

Sekarang gak kerasa umur udah kepala dua, jidat makin mengkerut, mata nambah sayu, rambut sering lepek, persendian suka pegel, kadang suka pikun sama lupa diri. Ya mungkin gini kali ya tahapan yang musti dilalui buat jadi wisudawan yang pake toga entar. Kalau iya mangat kok gue mangat banget. Heee.


Gue nulis ini karena gue kangen sekolahan, kangen jadi pelajar, kangen dapet rapot sama kangen pake seragam. Bukan kangen mantan, bukan kangen kakak kelas ganteng, bukan kangen dede gemes dan bukan juga kangen guru olahraga yang caem.

Kadang suka mikir "kenapa SMA gak 6 tahun aja sih? SD yang 3 tahun" atau "kenapa gue gak naik kelas aja sih kemarin biar awet di SMA, biar abg terus jiwa gue" pfftt emang. Tapi, ya itulah yang gue atau bahkan semua anak kuliah rasain. Cung yang setuju dan sependapat sama istilah kalau masa SMA adalah masa yang paling indah dan seru? CUNG!!!!

Hahaha skip udah. Gue cuman mau ngasih tau aja ada beberapa hal yang bikin gue kangen sama sekolahan khususnya SMA. Dan ini beberapanya..

Kangen Upacara Hari Senin
Kangen bikin barisan, kangen disiap-grakin, kangen ngerumpi di lapangan. Yang lucu dari upacara pas SMA itu pas dimana gak ada yang mau baris berdiri paling depan walaupun pada akhirnya ada juga yg mau ngalah dan lapang dada. Biasanya gue kalau lagi males banget upacara gue suka tiba-tiba jadi petugas PMR dan jagalah gue di belakang. Hehe.

Kangen Berangkat Sekolah Cepet-Cepet Karena Takut Gerbang Sekolah Ditutup
Ini sensasinya jadi anak sekolahan, dimana elo mau gak mau harus disiplin. Gue sendiri bukan tipe murid yang rajin dateng pagi karna gue biasanya dateng agak siang padahal rumah deket, gak ngerti gue juga. Dan pernah sekali gue telat dan apesnya hukumannya gue musti jalan jongkok sampe dalem sekolah. Pfftt banget.

Kangen Senam/Kultum Setiap Hari Jumat
Setiap jumat sekolah punya rutinitasnya kalau gak senam ya gantian kultum. Menurut gue ini jadi suatu hal yang cukup nyenengin sih, apalagi kalau senam. Bukan kebugarannya, tapi heureuy-heureuynya hehe.

Kangen Denger Bell Sekolah
Bel sekolahan gue unik, gak teng-teng atau tettttt.. Tapi muterin lagu-lagu gitu, sampe gue inget kalau bel masuk pagi itu udah jadi harga mati pasti lagunya Ello yang Semangat Baru, istirahat sama bel pulang biasanya Rossa ayat-ayat cinta, JB juga pernah, Noah, Opick dll. 

Kangen Main Futsal Pas Class Meeting
Kegiatan tiap jelang pas mau bagi rapot atau kenaikan kelas atau ganti semester. Dan rata-rata tiap kelas pasti punya tim futsal kebanggaannya malah nyampe punya kaos tim. Udah berasa kek main liga ajalah gitu. Gue pas kelas X main jadi striker, pas kelas XI sama XII seketika tiba-tiba mutasi jadi kiper karena gak tau siapa lagi yang mau jadi kiper anak cewe kelas gue waktu itu. Oh iya baju tim futsal kelas gue mirip baju manchester city gitu deh, biyu-biyu teyoy azin.

Kangen Nongkrong Depan Kelas
Antara nongkrong, cuci mata atau mau malakin adek kelas. Mengingat kelas gue strategis banget tempatnya dimana semua murid kalau mau sholat, ke kantin, ke kamar mandi pasti lewatin kelas gue. 

Kangen Lidi sama Tempe Kopsis
Jajanan favorit banget yang selalu gue konsumsi tiap hari selama kurun waktu 3 tahun. Gue gak tau tanpa lidi dan tempe kopsis apa gue bisa hidup apa engga dulu pas SMA.

Kangen Bakso Mas Yadi
Kalau soal isi perut pas sekolah udah pasti mentok di baksonya masyad. Mafavvv banget, apalagi bakso telornya uuuuuu laziz gilak. Tapi bakso masyad yang dulu bukanlah bakso masyad yang sekarang, harga udah jauh beda. Masyad jahat!

Kangen Pohon Asem/DPA
Oke, ini adalah tempat teradem di SMANSA. Bekennya disebut DPA, kalau gak salah kepanjangannya itu Depan Pohon Asem.

Kangen Pake Batik Smansa
Suatu kebanggaan bisa pake seragam batik sekolah. Pake batik tiap hari kamis doang kalau gak salah, atau setiap rabu kamis. Gak tau gue agak lupa.

Kangen Pelajaran Bahasa Jerman sama Bahasa Arab
Belajar bahasa jerman 2 tahun di SMA dan gak ada yang nyangkut, cuman tau "Ich liebe dich" aja. Bahasa arab? Auuu gelap call a friend aja :(

Kangen Pulang Sekolah Jam Setengah 4 Sore
Gue sama pegawai PT kesibukannya sama, berangkat sama jam pulang barengan. Dulu pas gue masih sekolah SMA gue RSBI jadi balik jam setengah 4 sore tiap harinya, kecuali sabtu. Gue berasa lupa jalan pulang ke rumah karena sebagian waktu dalem hidup gue adalah di sekolah heee.

Kangen Buka Sepatu Kalau Mau Masuk Kelas
Kadang-kadang musti buka sepatu kalau masuk kelas, belajar, istirahat atau apapun. Jadi pake kaos kaki doang dikelas, sepatunya di luar. Udah kaya mau lesehan di angkringan gue sekolah. Lucu kan hmm.

Kangen Jaman Moving Class
Kelas X sempet pake sistem moving class, jadi gak punya kelas tetap gitu, tiap mata pelajaran kelasnya beda. Ribetlah pokoknya, untung kelas XI dan XII udah gak berlaku lagi tapi ngangenin juga sih.

Kangen Pak Muklis
Guru killer dan guru terfamous sih, udah itu aja. Oh iya doi ngajar matematika.

Kangen Alm. Pak Tonton
Satu-satunya guru seni rupa yang berjiwa seni banget walau keliatannya galak banget. Gak nyangka beliau sekarang udah gak ada, yang tenang pak disana.

Kangen Pak Nafis
Padahal gak pernah diajar pak Nafis tapi rasa kangen itu ada aweuuu. Ya gimana doi dikenal sebagai guru olahraga paling caem seantero SMANSA.

Kangen Kakak Kelas dan Adek Kelas
Semua kakak kelas dan adek kelas gue kangenin. Dari yang famous, cantik ganteng, pinter, sangar, jeger, cupu dan sebagainya. Lengkap.

Kangen BUKBER di Sekolah
Ajang kegiatan yang diadain cuman satu tahun sekali pas bulan ramadhan. Cuman pas bukber ini doang gue sama temen-temen ada di sekolah sampe malem.

Kangen PAGELBUD

Pementasan sekaligus pertarungan antar kelas yang saling unjuk kebolehan mulai dari nyanyi solo, duet, vocal group, drama, dance dan lainnya. Kompak banget anak-anak tiap kelas pas jelang ajang kek gini. Salut.

Kangen Nonton FIlm, Kokorean, Ngegame di Kelas
Kalau gak pas istirahat ya pas jam kosong, biasanya nonton film kalau engga nimbrung yang lagi nonton boyband girlband korea atau engga ngegame the sims, pes, gta dll. Produktif banget pokoknya. Pft.

Kangen Pak Sem
Pak satpam yang cinta banget sama smansa, seluk beluk sekolahan dia tau dan apal banget. Makasih pak udah jagain saya dan sekolah. 

Kangen Mas Bob
Mas-mas yang selalu ngeracik minuman buat kita, es-esnya bikin otak gak mumet lagi sama pelajaran. Mantaffff.

Kangen Bu Dewi
Guru BK paling lemah lembut cangkang keong. Sipit banget tapi bukan chinese hehe. Beliau yang paling perhatian sama masa depan kami buktinya ngurusin kampus-kampus kami,

Kangen Bu Ida

Guru cewek yang paling ditakutin dan disegani. Guru kimia nih, kalau ngomong pake gue eloan etdah kelewat gaul pokoknya.

Kangen Lapangan Sekolah
Lapang basket, lapang upacara, lapangan futsal semuanya ngangenin!

Kangen Panggung Seni
Panggung yang seni katanya, khas banget. Ini salah satu keunikan yang dipunyain sekolah SMA gue, punya panggung permanen yang gak bisa di bongkar pasang cabut.

Kangen Harus Pake Dasi 
Iya, setiap hari harus pake dasi pokoknya gak ada pengecualian. Eh ada deng kecuali pake batik.

Kangen Pake Sepatu Item sama Kaos Kaki Item
Hal kecil tapi bakalan fatal kalau coba ngelanggar, karena setiap pagi biasanya pak Muklis guru yang super tegas jaga di depan dan gak segan sidak, biasanya kalau ada yang ngelanggar kaos kaki atau sepatu disuruh copot deh itu kaos kaki atau sepatu. 

Kangen Ngerjain PR di Sekolah
Tradisi yang gak pernah pudar di lingkungan anak sekolahan. Menurut gue belum jadi anak SMA kalau pas sekolah gak pernah ngerasain kerjain PR disekolah. Awas nyesel gak dapet sensasinya hmm.

Kangen Kompak Pas UAS
Karena UAS seketika anak kelas jadi kompak banget sama kita, sepaham, sepemikiran dan satu strategi. Berterimakasihlah pada UAS karna kekompak kita terjaga. Hehe.

Kangen AKP 31
Pastinya tentunya! Anak-anak AKP31! Kangen, asli sumpahnya benernya deminya juga. Kangen hidup bareng lagi di kelas, kangen keseruannya, kegajeannya, ke gak kompakannya heu. Kangen kalian, kangen kita. Kenapa kita cepet banget tua? Kenavvhaaa? PFTT!

Kangen Alm. Egong
Beliau KM kita, humble banget, sederhana, humoris dan nyenengin. Gak bakalan ada yang nyangka lo pergi duluan gong, pergi secepet ini. AKP syg lo gong, SMANSA syg elo, 51 syg elo. Semua syg elo! Kangen elo!

Sumpah kangen masa-masa sekolah. Gue gak mau tua, gue belum siap tua, Please kembalikan masa muda gue. Huhu. 

Makanya buat yang masih pada sekolah khususnya SMA nikmatin masa sekolahnya, kurangin bolosnya, kurangin pura-pura sakitnya, kurangin tidur dikelasnya. Apapun ngapainpun mata pelajaran apapun sekiller apapun gurunya nikmatin aja, semuanya indah dan seru sih kalau kata gue. Jangan nyesel setelah kelak jadi alumni. 



Terimakasih Putih Abu
Amisyu..



1 komentar:

  1. benar banget, aku juga terkadang kangen pas masa-masa sekolah..

    BalasHapus