Cerita Gue Waktu Jadi Anak Magang di W Retreat & Spa Bali

07.32 Made Marianda 1 Comments


Sedikit mau berbagi cerita masa-masa magang di Hotel pas gue semester 5 kemarin. Rutinitas yang lumrah dilakoni mahasiswa sewaktu hidup di bangku kuliah. Biasanya kampus lain kalau engga KKN ya PKL. Gue masih ngerasa beruntung karna kampus gue programnya adalah PKL atau On The Job Training. Banyak pengalaman yang gue dapetin selama magang kemarin. Belajar banyak hal banget pokoknya..

Jadi kemarin gue magang di sebuah hotel yang ciamik banget dan emang gak kepikiran sebelumnya bakal magang disini. Yap, W Retreat & Spa Seminyak Bali, populernya disebut "W" dibaca "dabelyu". Lokasinya deket banget sama Potato Head, malah sebelahan tetanggaan. Kenapa bisa magang disini? Jawabannya karna dapet rekomendasi dari om sendiri dan mau gak mau sebagai ponakan yang berbudi gue nurut hehe.

Pertama kali dateng ke hotel ini tuh pas mau naro CV ke HRD, sambil nyelem minum air sekalian sembari keliling disana dan "WOW" itu aja sih yang menggambarkan hotel ini pas gue berkunjung untuk pertama kalinya waktu itu. Setelah 1 mingguan akhirnya dapet panggilan untuk interview dan lolos tanda tangan kontrak untuk kurun waktu 6 bulan. Gue mulai magang dari periode 20 agustus sampe 20 februari, satu semester pokoknya. Gue sengaja waktu itu nyari posisi back office bukan operasional supaya biar masuk shift pagi terus dan sabtu minggunya libur, soalnya waktu itu juga gue musti ngambil beberapa mata kuliah semester 7 malemnya karna nargetin selesai semester 6 perkuliahan udah musti tuntas dan tinggal skripsian di semester 7 dan semester 8 free sefree-freenya hyahhh. Dan emang kerasa panjang banget waktu dilewatin~~~ 

Kamar Hotel
Salah satu kamar hotel
Karna training di bagian back office jadi belum pernah dapet kesempatan masuk liat langsung kaya apa kamar hotelnya. W Retreat & Spa Bali punya 158 kamar dan 79 villa. Nanti kalau punya banyak duit nginep kali ye. Unch..

FIRE Restaurant
Salah satu restaurant yang dipunyain W, konsepnya indoor dan tari kecak karna serba oren dan kotak-kotak item putih seakan itu api-apian sama penari yang emang suka ada di pertunjukan tarian kecak biasanya. Apik!

Suite Bar
Kalau gak salah ini letaknya ada di lantai bawahnya Woobar. Pernah kesini waktu masih orientasi awal masuk mulai training. Classic tapi modern gitu.

Suite Room
Away Spa
Salut banget sama design interiornya, apalagi sama Away Spanya. Pernah beberapa kali kesini bukan ngespa heu ngimpi kali ah, cuman untuk cari tanda tangan kepala bagian aja abis itu balik kandang lagi -_-

Starfish Bloo Restaurant & ICE Bar
Awal orientasi sama pas ada perlu aja lewatin ini, beda sama FIRE kalau Starfish Bloo konsepnya lebih bebas karna outdoor dan serba biru. So cool!

Wired
Sejak tau ada tempat ini gue baru tau kalau di hotel ternyata ada juga perpustakaan hehe. Jadi semacam bookstore, tamu-tamu bisa baca bahkan beli buku disini. Tempatnya nenangin deh syahdu cocok buat yang suka baca tapi nuansanya berlibur.

Gue sering ke Wired, apalagi pas gue dapet giliran di Account Payable 1,5 bulanan, sering disuruh anter voucher ke staffnya disana sama cari ttd juga.

Salon
Salon
Salon sama spa nyatu tempatnya. Hotelnya jago manjain tamu banget pokoknya, semua fasilitas dioptimalin dan semua ada. Cuman masih bisa ngimpi doangan pengen nginep dan make semua fasilitas disana. Nanti, amin.

Ke lobby spanya aja pernah, itu pun sama gak jauh dari minta file dokumen sama ttd aja ke kepala bagian Away Spanya. Wkwk.

Pool
Comfortable banget.. bukan tempat yang cocok buat sekedar renang doang. Konsep poolnya itu bentuk terasering, walaupun modern W tetep mengkonsepkan nilai tradisionalnya jadi seakan pool itu seumpama sesawahan yang ada di Bali. Wuuhh..

Sesekali lewat kalau dapet kesempatan disuruh ke ruang ibu Rebecca atau GMnya pak Craig Seaward. Lepas penat 2-3 menit aja gpp kan ya.

FIT Gym
Receptionist FIT Gym
Lobby
Kesan unik ada di lobbynya, yang di banyak hotel lainnya biasanya front desk itu bentuknya sekedar meja yang memanjang tapi disini lain abis. Seakan staff dan tamu lebih dibiarin dekat.. Tiap hari senin biasanya gue kesini bantu senior bagian income ngambil bill dan folio per hari jumat-minggu, segitulah tumpukan kerjaan di  hari senin masaaloh pokoknya -_-

Greet Room
Tempat ngerumpi, ngumpulnya para staff. Kalau ada event, hiburan dan lain-lain pasti disini, ada stagenya soalnya jadi pas kaya ballroomnya para staff hotel. Selama magang lumayan sering kesini, 4 kali kalau gak salah pas event 17 agustusan ada lomba lypsinc contest antar departemenen, pas event fashion show staff-staffnya, pas natalan ada perayaan sambil KKR, sama pas makan siang cuman ada live musicnya.

Wedding
Sering juga kok ada kawinan dari tamu-tamunya. Pangsa pasarnya bule 90% an, dan rata-rata eropa. Jadi W punya private beach sendiri kaya kebanyakan hotel resort lainnya yang ada di Bali. Nama pantainya Pantai Petitenget.

Woobar
Dua kali ketempat ini, pas awal orientasi say hi sama staff-staff disana sembari banyak ngobtol sama manajer training sambil minum cocktail gratis hehe, dan oh iya sama pas ada event Silent Disco karna gue waktu itu oktober disuruh ikut in-charge untuk dari jam 8 malem sampe jam 4 subuh untuk jualan tiket sambil jaga stand. Huh padahal pengen ikutan disko..

Villa W Retreat & Spa
Ke kamar hotel aja gak pernah apalagi masuk villanya. Pftt. Sebates pernah jalan aja di jalan setapaknya, adem banget asri sejuk banyak pepohonan sama tanaman. Nanti kalau udah banyak duit gue mau booking 1 villa, renang berjemur sambil ngerujak cabenya 3 senderan di sunbed kali-kali hedon-hedonan kaya Syahrini. Heeee. Ngomongin Syahrini oh iya dia sering check in disini, di villa nginepnya bawa lamborgini teruslah tantenya. Bhakk.

Selain itu ada juga WET, W Shop sama sekarang katanya ada fasilitas baru Studio Music gitu. Konsep W emang lain banget sama hotel-hotel kaya Mulia, Saint Regis yang terkenal dengan formalnya. Mungkin hampir sama arahnya kaya Hard Rock, cuman dia punya miliknya Starwood Hotel.

W Retreat & Spa punya keunikan, karna mereka punya 3 unsur nilai yang mengkonsepkan mereka banget "Music, Design & Fashion". Jadi jangan kaget liat tampilan hotel dan para staffnya yang stylish abis..


ID card, jadi barang yang teramat penting ketika itu karena untuk akses pintu masuk keluar hotel gunain ini. Apalagi pas gue di bagian Cost Control gue sering keluar mundar-mandir purchasing-receiving-finance. Bangga dipinjemin ID Card ini sama HRD jadi berasa staff disana aja heee. Oh iya sama satu barang pinjeman HRD lainnya, pin. Pin bentuk huruf W yang harus selalu dipake setiap harinya dan dipasang di seragam. Itu penting banget, gue sempet ngilangin dan kena denda karna harus ganti yang baru lagi. Huhu.

Sama halnya kaya sekolah, kita bertaun-taun berjuang cuman demi selembar kertas bertanda tangankan doang. Jadi gue magang 6 bulanan pun berjuang demi selembar sertifikat keterangan bahwa gue traineer disana. Sejak tau itu gue mikir gue pengen mulai bisnis percetakan ah, karna ternyata selembaran gitu aja bisa sebegitu mahal dan bernilainya. What the.....

Skip! Oke seriusan dikit deh, jadi apa yang didapet dari On The Job Training kemarin bagi gue? Huh banyak! Pokoknya selama 6 bulan gue bukan sekedar belajar disini, tapi lebih. Pengalaman emang mahal, dari sini gue jadi tau gimana bedanya teori sama lapangan yang sebenernya. Dari sini juga gue jadi mulai tau lingkungan tempat kerja itu sebenernya gimana, jauh beda sama bangku sekolah dan kuliah. Di pekerjaan lo dituntut untung bertanggung jawab, jujur dan bijaksana. Di kerjaan lo gak bakalan ngerasa bisa nyantai dan main-main lagi lain halnya sama sekolah. Di kerjaan juga lo banyak menemui tipe-tipe rekan kerja yang macem-macem rupa bentukannya. Dan dari magang gue ngerti dan sadar kalau english language is very important apalagi bagi dunia pariwisata so "No English No Job". Kalau kata gue kita semua kerja perlu berkembang gak harus selalu jadi staff selamanya sampe pensiunan. Kedewasaan lo diuji di lapangan kerja nanti deh..

Jadi, so thank you so much W Retreat & Spa buat 6 bulan, setengah tahunnya udah bimbing gue, ngajarin gue, nuntun gue, ngisi hari-hari gue dan pastinya buat pengalaman baru yang bernilai kek gini. Kalau ada lowongan berkabarlah pak bu heee gak nolak kok!


Note:
Semua foto hotel diatas gue dapet dari website hotel sama google ya jangan salah paham. Yakali gue fotoan disana, anak magang sopan santun terkalem gue mah:)))



Semoga Bermanfaat






1 komentar:

  1. keren, fasilitas hotelnya lengkap banget ya, mewah lagi..
    saya kira itu fotonya di ambil sendiri mbak.. hehe

    BalasHapus